• SMAN 1 TANJUNG RAYA MANINJAU "AKREDITASI A"
  • " BERSAMA DALAM KEBERSAMAAN "

SMAN 1 Tanjung Raya Gelar Pentas Seni, Projek Pelajar Pancasila ditampilkan

Maninjau, Prokabar – Beragam seni pertunjukan dan minat bakat pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Raya tampil dalam pentas seni dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di halaman olahraga, Selasa (23/1).

Siswa-siswi dari kelas X (satu) hingga kelas XII (tiga) secara trampil menunjukan kebolehan mereka sebagai hobi sekaligus kemampuan dimiliki.

Kepala SMAN 1 Tanjung Raya, Zulkifli mengatakan, agenda Pentas Seni sebenarnya menjadi agenda tahunan dari sekolah tersebut.

Namun dua tahun mengalami pandemi covid 19 pada 2020 dan 2021, sempat ditiadakan dan membuat aktifitas dan kreatifitas siswa vakum.

“Alhamdulillah, tahun 2022 ini Pentas Seni sudah bisa kita laksanakan dan menyalurkan minat dan bakat siswa-siswi kita,” terangnya.

Zulkifli melanjutkan, selain berbagai kesenian dan keterampilan seperti tari-tarian, pencak silat, Tambua Tansa, membaca puisi dan bermain musik tradisional atau modren Band, siswa-siswi juga menampilkan Projek Pelajar Pancasila atau Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seperti Kearifan Lokal, Kewirausahaan dan Gaya Hidup Keberlanjutan.

“Kearifan lokal kita telah sukses mengkader pelajar kita menjadi Janang atau juru bicara dalam Pasambahan Adat Manjapuik Marapulai. Di kewirausahaan kita melatih anak-anak belajar membatik. Dan Gaya Hidup Keberlanjutan, anak-anak berhasil memproduksi usaha kuliner khas danau dan membuat pupuk organik cair dari bahan sendimen danau. Semua proses pelajaran selama empat bulan ini, kita tampilkan dalam Pentas Seni 2023,” ungkap Zulkifli.

Sementara itu, Kepala Cabang Wilayah I Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Mardison diwakili Fadrizal mengatakan, penampikan dan Pentas Seni di SMAN 1 Tanjung Raya sudah sangat bagus. Dan diharapkan terus ditingkatkan lebih baik lagi.

“Kita sangat puas dan senang melihat penampilan dari siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Raya. Bahkan sudah menunjukan hasil dari proses latihan Projek Pelajar Pancasila berupa kearifan lokal, kewirausahaan dan gaya hidup keberlanjutan. Terutama kearifan lokal Pasambahan Manjapuik Marapulai, anak-anak kita cukup trampil dan kita apresiasi ini,” ujarnya. (rud)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAYA NOVITA SABET PENGHARGAAN TIGA TERBAIK TINGKAT NASIONAL SEBAGAI DELEGASI OSIS DALAM EVENT INDONESIA STUDENT LEADERSHIP CAMP 2023 DI UNIVERSITAS INDONESIA

Maninjau, 9 Januari 2024 - Menakjubkan, perdana Maya Novita, remaja kelahiran tahun 2006  itu merupakan salah satu siswa yang diutus sebagai peserta delegasidari Kabupaten Agam y

09/01/2024 09:35 - Oleh Admin Sekolah - Dilihat 73 kali
FAUZAN RAMADHAN TEMBUS THAILAND SEBAGAI DELEGASI INDONESIA DALAM ASIAN WORLD MODEL UNITED NATIONS (AWMUN)

Maninjau, 08 Januari 2024 - Fauzan Ramadhan kembali mengukir prestasi, prestasi terbaru yang ditoreskan untuk sekolah adalah mengikuti ajang Asian World Model United Nations (AWMUN) di

08/01/2024 09:05 - Oleh Admin Sekolah - Dilihat 75 kali
Siswa SMAN 1 Tanjung Raya Agam terpilih sebagai delegasi AWMUN VI di Thailand

Lubukbasung (ANTARA) - Fauzan Ramadhan siswa SMAN 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat terpilih sebagai delegasi Indonesia pada kegiatan Asia Word Model United Nations (AWMUN)

09/10/2023 20:05 - Oleh Admin Sekolah - Dilihat 173 kali
RAPAT PARIPURNA KOMITE

     Penyelenggara pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah , mayarakat dan keluarga .Permen 75 tahun 2016 mengatur tentang Komite Sekolah yang merup

15/09/2023 13:00 - Oleh Admin Sekolah - Dilihat 149 kali
4 Siswi SMAN 1 Tanjung Raya Raih Prestasi di Pentas PAI Agam 2023

Maninjau, Smantara.com - Empat orang siswi SMA Negeri 1 Tanjung Raya berhasil meraih prestasi gemilang dalam Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam atau PENTAS PAI Kabupaten

04/09/2023 10:02 - Oleh Admin Sekolah - Dilihat 213 kali